Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok Agar Cepar Besar

Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok Agar Cepar Besar

Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok Agar Cepar Besar - Ikan adalah makanan enak serta kaya gizi yang baik untuk kesehatan. Oleh karenanya, tak heran bila beberapa orang suka memakan ikan. Ada bermacam model ikan yang enak dikonsumsi, satu diantaranya ikan gurame. Siapa yg tidak tahu si gurame ini, empuk, dagingnya besar,serta enak. Keringanan budidaya ikan ini yaitu Anda dapat lakukan budidaya ikan ini di beragam tempat, di ruang terbuka maupun didalam aquarium. Pada kesempatan ini bakal dibicarakan tentang langkah budidaya ikan gurame di kolam tembok. Kolam tembok umumnya berencana di buat berpetak-petak oleh beberapa pembudidaya ikan hingga hasil panennya juga banyak.
cara budidaya ikan gurame di kolam kecil,cara budidaya ikan gurame dari telur,pembesaran  ikan gurame di kolam tembok,pembesaran  ikan gurame di akuarium,cara budidaya ikan gurame di kolam terpal,

Baca juga : Peluang Usaha Cara Budidaya Ikan Hias Lemon Dalam Aquarium

Langkah budidaya ikan gurame di tanah maupun dibeton sama. Tak ada ketidaksamaan dari sisi langkah perawatan, yang membedakan hanya bahan pembuat kolam. Cara Budidaya ikan gurame di kolam tembok terbilang gampang serta tak repot. Ikan gurame termasuk juga model ikan air tawar yang ekonomis lantaran mempunyai harga jual yang cukup tinggi. Terasa yang enak serta gurih bikin orang menyenanginya. Oleh karenanya, tak heran bila makin beberapa orang yang membudidayakan ikan gurame juga sebagai ladang usaha yang menjanjikan. Ikan gurame suka pada air yang bersih jernih serta tenang. Ia juga gampang dipelihara serta berkembangbiak hingga hasil panen juga tidak sering mengecewakan.

Langkah bikin Kolam Untuk Pembudidayaan

Tak perlu repot untuk budidaya ikan gurame lantaran di kolam kecil juga dapat. Jadi, Anda tak membutuhkan tempat luas yang dapat menyimpan banyak ikan gurame. Hingga langkah awal untuk mengawali usaha juga dapat diawali dari kola kecil. Langkah budidaya ikan gurame di kolam tembok yang pertama yaitu dengan bikin kolam dengan kedalaman minimum 100 cm, lalu di bagian tengah di buat kubangan untuk memudahkan panen. Dan juga Anda sesekali member disinfektan untuk menghindar perkembangan bakteri hingga air terus jernih serta bersih. Pembersihan kolam dikerjakan dari mulai pinggiran kolam hingga semua sisi kolam.

Mengawali Pembibitan Untuk Dibudidayakan

cara budidaya ikan gurame di kolam kecil,cara budidaya ikan gurame dari telur,pembesaran  ikan gurame di kolam tembok,pembesaran  ikan gurame di akuarium,cara budidaya ikan gurame di kolam terpal,


Sama seperti dengan budidaya di kolam terpal, untuk mengawali pembibitan mesti dikerjakan dengan pilih benih yang sesuai sama standard SNI. Tebaran benih pertama sejumlah 12 hingga 20 ekor per meternya. Sedang untuk ukuran benih 7-15 gr per ekor. Budidaya ikan gurame di kolam tembok untuk penaburan benih dikerjakan waktu pagi atau sore hari, tak bisa siang hari. Ikan gurame adalah ikan herbivore yang suka pada pakan hijau. Tetapi untuk pakan hijau diberikan cukup satu kali dalam satu hari sedang pakan buatan 2 kali dalam satu hari. Rumus untuk jumlah pemberian makanan memakai rumus :
Bobot keseluruhan = rata-rata bobot ikan sampling x jumlah ikan keseluruhan

Tinggal menanti hari sampai hari panen tiba, Bila pembudidayaan Anda berhasil Anda dapat nikmati demikian banyak ikan gurame dengan kwalitas paling baik serta harga tinggi. Panen bisa dikerjakan dengan dua langkah, yakni panen keseluruhan atau dengan cara dipilih yang mana sudah siap panen, karna terkadang pertumbuhan ikan tidak merata jadi kita harus mensortir yang mana layak untuk di panen. Panen keseluruhan dikerjakan dengan buang beberapa besar air lalu ikan bakal terkumpul dibawah serta Anda cuma tinggal mengambilnya. Demikian uraian tentang langkah budidaya ikan gurame di kolam tembok. Mudah-mudahan artikel ini berguna serta bisa menolong Anda.


Bagikan ke : Facebook Twitter Google+

Back To Top